Menu

Sunday 24 August 2014

Mengganti Header/Judul Kolom DataGridView pada Visual Basic VB.Net atau VB.6

Assalamualaikum..


Alhamdulillah dikasih kesempatan untuk posting artikel lagi, untuk berbagi pengalamam yang mudah-mudahan bisa bermanfaat buat yang lain dan agar ilmu saya semakin bertambah (Amiin).

Yuup, pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang mengganti judul kolom pda datagridview. Seperti yang udah kita tau, kalo datagridview itu secara bawaannya atau defaultnya memakai nama sesuai dengan nama field pada tabel database yang menjadi sumbernya atau sourcenya. 

Menurut pengalaman pribadi penggantian judul kolom ini bisa dilakukan di propertis, bisa klik kanan pada datagriedview > Propertis, bisa di ganti di sana, termasuk font dll. TAPII, itu biasanya kalo menggunakan DB Acces, dan menurut saya, kalo menggunakan PHP itu tidak bisa...Kenapa? karena program itu masih kosong, baru setelah di RUN dia akan memproses untuk menampilkan datanya. Istilahnya pada tampilan desain belum ada isinya. hehe

Yuup, lanjut ke point pembahasan aja. Perhatikan contoh di bawah.


pada gambar di atas bisa dilihat, kolom pertama judulnya "kode_pesan","judul" dan "penerbit".
lalu saya akan ubah menjadi "Kode Pesan","Judul Buku","Penerbit".

langsung  masuk ke coding, tapi sebelumnya Anda harus tau dulu bagaimana cara membuat DataGridView maupun koneksinya. Kalo belum akan sulit untuk memahami penjelas ini.

ok. Ketik atau copy kode ini dan letakan di form_load atau di mana saja pada saat pemanggilan datagridview.

Me.DataGridView1.Columns(0).HeaderText= "Kode Pesan"
Me.DataGridView1.Columns(1).HeaderText= "Judul Buku"
Me.DataGridView1.Columns(2).HeaderText= "Penerbit"

Simpel bukan? ya memang sangat mudah, meskipun kode di atas terlihat sepele atau mudah, tapi yang terpinting itu bisa memeberikan nilai lebih pada hasil program yang dijalankan.hehe

hasilnya seperti ini :

Taraaa...Jadi Deeeh... (Alhamulillah)

Mungkin ada yang tanya, padahal bisa saja kan kita ubah nama judul kolom itu dari awal databasenya saja.
Jawabannya Betul..Tapiii..Perhatikan judul yang telah diganti di atas "Kode Pesan", menggunakan sepasi untuk memisahkan kata pada judul, kalo kita menggunakan php, tentu itu bisa menyebabkan eror pada saat eksekusi..Kenapa? karena sudah aturannya tidak boleh menggunakan spasi pada judul kolom atau field pada database. Begitu yg saya tau.

Ok. Cukup tutorial kali ini. Nanti akan saya posting kembali berbagai fitur menarik yang dapat dilakukan oleh DataGriedView pada VB.Net atau VB 2010.  InsyaAllah..




0 comments: