Menu

Saturday 6 June 2015

Cara Menampilkan Crystal Report di VB.Net

Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk menulis artikel lagi yang masih berkaitan dengan VB.Net (2010) atau Visual Studio 2010. 
Pada kesempatan kali ini, penulis ingin memfokuskan cara pembuatan laporan dengan menggunakan Crystal Report. Sebenarnya bawaan visual studio sendiri sudah menyediakan untuk pembuatan laporan, akan tetapi akan lebih mantap jika kita menggunakan Crystal Report. Ya, laporan yang satu ini memang sudah sangat terkenal bagi pengguna program pada vb.6. Dimana kemampuannya dalam menyajikan laporan dan mudahnya dalam pengaturan laporan menjadi prioritas yang sangat bagus sekali.  Alhasil, kita akan membahas dan mengulas tentang Crystal Report saja ya.
Bagi orang yang baru migrasi dari vb.6 ke VB.Net ini mungkin masih menemukan sedikit kebingungan, dimana cara kita dalam menambah reference ke dalam project berbeda pada vb.6. Sebenarnya pada program bawaan Visual Studio 2010 ini sudah tersedia untuk pembuatan laporan dengan menggunakan Crystal Report, akan tetapi perlu install semacam plugin tambahan untuk mengintegrasikan Crystal Report ke dalam program VB pada komputer.
Ok, mari kita langsung masuk ke tahapan bagaimana cara menampilkan Crystal Report ke dalam VB.Net:
1. Tambah New Item > Add New Item…
2. Pilih Crystal Report. Seperti contoh berikut:
Untitled2
untuk pertama kali, saat dipilih Crystal Report tentu akan muncul sebuah pesan atau sebuah halaman untuk mendownloadnya terlebih dahulu dari “SAP”. Karena module untuk Crystal Report terpisah, jadi harus diinstal sendiri.

0 comments: