Menu

Monday 13 April 2015

Cara Mengatasi Tiba-tiba Gagal Koneksi Database MySql di VB.Net

Assalamualaikum..
Alhamdulillah, mungkin ini postingan pertama saya yang membahas tentang tutorial VB.Net. Karena penulis sedang sibuk dengan bekerja dan penulisan tugas Akhir di kampus, serta segudang tugas kuliah yang lain ( banyak alesaaan aja haha.. )
Yup, seperti judul di atas, kejadian ini sering saya temukan pada projek yang sedang saya kerjakan, yaitu projek penggajian. Dimana tentu saja projek penggajian ini membutuhkan relasi antar tabel dalam databse sangat banyak. Dan juga memerlukan proses pemanggilan data serta menyimpannya secara cepat dan terus menerus.
Alhasil…dari kejadian itu, penulis sering mendapati bug pada projek, yaitu ” Tiba-tiba tidak bisa konek ke database mysql ” padahal pada awalnya koneksi database berjalan mulus-mulus saja dan tidak ada masalah.  Permasalahan ini bisa tampak pada saat eksekusi program berjalan, tiba-tiba terjadi hang/gagal proses lalu muncul pesan “Can’t Connect to any hosting in Database” maaf, saya aga lupa tulisannya. Tapi intinya seperti itu.
Saya merasa kesalahan itu terjadi mungkin di syintax mysql saya terlalu banyak dan membebani server, tapi di pikir-pikir syntax yang saya gunakan tidak terlalu banyak. Lalu saya coba merapikan baris-baris kode dan mencoba untuk memilah-milahnya agar proses pemanggilan data dapat dipisah-pisah.
Tapi dari semua percobaan saya di atas. Kejadiannya tetap saja, saya masih menemukan pesan eror di atas. Setelah lama cari sana-sini di website-website luar. Akhirnya saya melihat sebuah link MYSQL Connector, dan di sana ada versi baru untuk MYSQL Connector .NET. Pada awalnya saya pikir ini tidak akan menyelesaikan masalah saya di atas. Dengan niat ingin memperbarui fitur-fitur pada projek, akhirnya saya instal tambahan software tersebut (Jika telah terinstal harus dihapus terlebih dahulu yang lama).
Setelah proses installasi selesai, dan jangan lupa untuk menyeting kembali referense mysql.data pada menu reference, selanjutnya saya coba kembali untuk menjalankan running programnya.
Daaan, ternyata dari kejadian error yang selalu saya temukan pada awal pertama, sekarang sudah tidak ditemukan lagi. Artinya, semuda data dengan proses looping yang banyak sekalipun yang mengandung syntax mysql cukup banyak dapat dieksekusi secara sempurna dan lancar oleh VB.NET. Alhamdulillah, saya pun senang permasalah yang sangat merepotkan itu dapat terselesaikan.
Bagi, sobat yang mengalami permasalah serupa bisa download software mysql-connector-net-6.9.6, update terbaru April 2015 di link berikut :


Post by : www.rizkyst.com

0 comments: